iklan produk online

Ujian Nasional Siapa Takut ! Tips Sukses Menghadapi Ujian Nasional

Ujian Nasional adalah hajatan akbar tahunan yang harus dihadapi oleh setiap murid yang berada di penghujung masa studinya. Maksud dan tujuan diadakan UN ini adalah menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi.

Masih banyak fakta bahwa para murid merasa takut terhadap ujian nasional. Namun ketakutan seperti itu tidak berlaku, karena  UN bukan lagi penentu kelulusan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah memberikan pernyataan secara resmi bahwa UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan murid. Pertimbangan tidak hanya didasarkan pada beberapa mata pelajaran saja, akan tetapi juga perilaku murid.  Meskipun demikian, UN masih akan menjadi salah satu dari beberapa indikator kelulusan. Jadi, para murid diharapkan tidak boleh menganggap remeh Ujian Nasional.

Banyak cara sukses menghadapi ujian nasional yang bisa kita tempuh. Cara yang kita tempuh tersebut tidak lain agar kita bisa mendapat hasil yang maksimal dalam Ujian Nasional.

Tips jitu menghadapi Ujian Nasional, Tips menghadapi UN 2016, cara sukses menghadapi ujian nasional, tips sukses menghadapi ujian nasional, Tips diatas juga bisa kamu terapkan tidak hanya untuk menghadapi Ujian Nasional saja, namun bisa kamu terapkan saat akan menghadapi Ujian Sekolah, menghadapi ujian semester atau menghadapi Ujian kenaikan kelas.

Bagaimana cara mendapat hasil ujian nasional yang maksimal

mari simak beberapa tips simpel menghadapi Ujian Nasional dibawah ini.

1. Hilangkan Perasaan Takut Terhadap Ujian Yang Akan Berlangsung.

 Mendengar kata Ujian yang dibumbui dengan kata Nasional dibelakangnya, masih membuat sebagian murid takut.  Ujian Nasional bukan lagi penentu utama kelulusan siswa. Hilangkan perasaan takut terhadap Ujian Nasional, karena Ujian Nasional bukan momok yang harus ditakuti.  Jika kamu terjebak  dalam perasaan takut maka hal tersebut akan membuat kamu hilang rasa percaya diri saat akan menghadapi Ujian Nasional.  Jadi, tetap tenang dan yakin adalah salah satu kunci penting yang harus kamu miliki untuk menghadapi UN.

2. Mengatur Jadwal Belajar.

 Belajar dengan giat tentunya akan meningkatkan wawasan dan pehamaman tentang materi pelajaran yang akan diujikan. Belajar dengan giat dimulai dengan menyusun jadwal belajar yang ideal sesuai kemampuan. Jangan belajar dengan sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) karena sistem tersebut dinilai tidak efektif bagi siswa.  Sistem Kebut Semalam menyebabkan menurunnya stamina dan energi siswa saat menghadapi ujian. Buat jadwal belajar yang rutin dan jalankan secara konsisten adalah formula belajar yang tepat untuk menghadapi ujian nasional.

3. Perbanyak Berlatih Mengerjakan Soal.

Berlatih soal sebelum menghadapi UN sangatlah penting. Berlatih soal bisa kita lakukan secara mandiri dengan mencari referensi soal dari buku bank soal, soal-soal di internet, atau kita bisa belajar kelompok bersama teman sejawat  atau  berdiskusi dengan guru mata pelajaran yang bersangkutan. Dengan banyak berlatih soal, diharapkan kita bisa mengetahui jenis-jenis soal dan cara pemecahannya.


4.  Menjaga Kesehatan.

Kita tentunya tidak ingin mendapat sakit ketika ujian nasional tiba. Maka daripada itu, kita harus menjaga kesehatan untuk menghadapi ujian nasional. Bagaimana caranya? Caranya  dengan berolahraga yang rutin dan makan makanan yang bergizi. Selain itu, atur pola aktivitas dengan baik agar kita memiliki energi yang cukup untuk menghadapi ujian nasional.

5.  Fokus Terhadap Ujian Nasional.

Yang dimaksud fokus disini adalah kita harus memprioritaskan Ujian Nasional  sebagai agenda penting yang harus kita hadapi dengan serius. Fokus terhadap Ujian Nasional, bisa kita lakukan dengan mengurangi porsi waktu bermain, menghindari bepergian jauh saat akan mendekati tanggal ujian atau mengurangi aktifitas lain yang tidak terlalu penting.  Hal ini kita lakukan agar tidak mengganggu konsentrasi kita saat ujian akan tiba.

6.  Berdoa.

Dalam setiap usaha yang kita lakukan akan lebih baik jika kita awali dan akhiri dengan berdoa. Semoga segala upaya yang kita lakukan untuk menghadapi UN akan mendapat berkah dari Tuhan YME serta bisa lulus dengan nilai yang memuaskan.

Demikian artikel mengenai  TIPS Sukses Menghadapi  Ujian Nasional (UN) , semoga bermanfaat bagi kamu yang akan menghadapi UN.

Kabar baik. Tips diatas juga bisa kamu terapkan tidak hanya untuk menghadapi Ujian Nasional saja, namun bisa juga kamu terapkan untuk  menghadapi Ujian Sekolah,  menghadapi ujian semester atau menghadapi Ujian kenaikan kelas.

semoga bermanfaat.
salam

Artikel Terkait

Trmksh atas kunjungannya. Suka artikel ini? Like/Share dgn tombol di atas. Etika COPAS: sertakan Link sumber seperti di bawah ini ! dgn begitu berarti anda telah menghargai kerja keras Kami.(JT)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di JejakTamboen

0 komentar:

Post a Comment

'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Silahkan berkomentar dengan Baik dan Sopan
1. Tidak diperkenankan menautkan Link Aktif di Kolom Komentar.
2. Dilarang beriklan dalam Komentar.
'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Komentar berkualitas dari anda sangat penting bagi kemajuan Blog kami.

Beranda
Support :Creating Website | Johny Template | Slapia Souvenir
Copyright © 2016. Jejak Tamboen | Sejarah | Blogging | Informasi | Alternative Site for U - All Rights Reserved | Template Modified by BayuRD
Proudly powered by Blogger
Free counters!