Apa kabar pengunjung semua, semoga kebaikan dan kesuksesan selalu tercurah untuk kita semua. Dalam kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai Tips mencari kerja di Job Fair bagi Fresh Graduate. Tips ini merupakan rangkuman dari tulisan pengalaman pribadi salah satu rekan kami yang dulu pernah mengikuti acara Jobfair.  Berikut ulasan selengkapnya>>

Tips mencari keja di Job Fair bagi Freshgraduate. Gambar ilustrasi mencari Kerja

Mencari kerja setelah lulus kuliah adalah hal yang pakem terjadi di negeri ini. Bahkan di negera-negara lain pun hal serupa juga banyak terjadi. Baik Pria atau pun wanita yang berlabel Fresh Graduate pasti membutuhkan pekerjaan.

Ada dua alasan mendasar mengapa seorang Fresh Graduate membutuhkan pekerjaan, Pertama, ingin meraih sukses melalui dunia kerja. Kedua, ingin mempraktekkan ilmu yang di dapat dari bangku sekolah/kuliah ke dalam dunia kerja yang digeluti. Dalam menapaki dunia kerja masih terbagi dalan dua kategori lagi yaitu (1), membuka usaha sendiri/wirausaha, (2) Bekerja untuk orang lain/ menjadi karyawan/staff.

Dari dua kategori tersebut kebanyakan Fresh Graduate di negeri kita memilih bekerja untuk orang lain/menjadi karyawan/staff. Minimnya pengalaman mengenai dunia kerja ini yang menyebabkan mengapa seorang fresh graduate lebih memilih opsi kedua. Melalui opsi kedua ini para fresh graduate ingin menyelam sambil minum air, yaitu ingin meraih sukses dan memiliki pengalaman sebanyak mungkin untuk menapaki masa depan lebih baik.

Meskipun demikian, saya rasa opsi nomor (1) juga tidak ada salahnya bagi seorang fresh graduate. Namun harus menjadi catatan penting bahwa perlu etos kerja dan motivasi yang kuat bagi siapa pun yang ingin sukses dalam berwirausaha mandiri, termasuk juga bagi seorang Fresh Graduate.

Selanjutnya kami akan mengulas mengenai opsi Kedua, karena opsi ini lumayan banyak ditempuh oleh para fresh graduate. Banyak cara untuk mencari pekerjaan bagi Fresh Graduate, misal mengikuti Job Fair.   

Apa itu Job Fair? 

Job Fair atau bursa kerja adalah Ajang bertemunya antara perusahaan/intansi/lembaga tertentu sebagai pencari tenaga kerja dengan para pelamar kerja atau juga sebaliknya. Acara bursa kerja ini sangat menguntungkan bagi si Pencari Tenaga Kerja dan bagi si Pencari Kerja, karena mereka berdua sudah dipertemukan dengan mudah dalam acara Job Fair tersebut.


Nah, Bagi Anda Freshgraduate yang ingin mencari kerja alangkah baiknya anda mempersiapkan diri dengan baik sebelum mencari kerja di Job Fair. Apa saja yang harus dipersiapkan, silahkan anda simak beberapa tips dan saran di bawah ini :

[1] Mantapkan Niat. Siapkan diri anda. Pastikan kesehatan badan anda prima. Jangan lupa siapkan mental anda dengan baik pula.

[2] Berpakaian rapi dan sopan, tidak perlu berdandan menor pada saat berkunjung ke job fair, karena penampilan rapi dan sopan akan memberi nilai tersendiri bagi anda pada saat wawancara. Karena beberapa perusahaan yang mencari pekerja tidak jarang ada yang langsung meng-interview anda di tempat job fair. Penampilan dalam berbusana adalah cerminan diri kita  !

[3] Buat surat lamaran dengan baik dan benar

[4] Buatlah CV yang menarik, tidak perlu bertele-tele. Bubuhkan atau ceritakan kelebihan anda, karena akan menjadi penilaian tersendiri dari HRD atau petugas lain dalam proses screening CV. Ingat CV harus dibuat dengan jujur sesuai dengan keadaan diri kita.

[5] Siapkan persyaratan penunjang lain seperti Fotokopi KTP atau identitas semacamnya, foto berwarna 4x6, Map, dll.

[6] Anda bisa mendaftar lebih dari satu pekerjaan, hal ini untuk berjaga-jaga apabila tidak diterima di tempat yang satu, anda masih memiliki kesempatan diterima di tempat kerja lain. Meskipun demikian melamar lebih dari satu tempat kerja juga bukan tanpa resiko, misal panggilan tes yang berbenturan. banyak menyita tenaga, biaya dan pikiran dll. Maka dari itu, batasi lamaran pekerjaan sesuai kemampuan anda  serta pandai-pandailah melihat peluang dan situasi. 
Dan pastikan tempat kerja yang anda pilih mencantumkan label fresh graduate dalam syarat penerimaan pekerja.

[7] Awali dan akhiri usaha anda dengan doa. Serahkan sepenuhnya kepada Tuhan. Karena rejeki umat manusia telah diatur oleh Tuhan YME.

Demikian Tips mencari kerja di Job Fair bagi Fresh Graduate.  Semoga bermanfaat.,
Sekian dan Sukses Selalu Untuk Anda !

Sumber Gambar