Bagaimana Kabar para pembaca semua? Semoga kesehatan dan keselamatan selalu tercurah kepada kita semua. Pada kesempatan kali ini JejakTamboen akan mengulas mengenai kemiripan Media Blog dan Television.. Ada apa dan kenapa ? Sebelum kita membahas lebih lanjut, alangkah baiknya kita ketahui apa itu Blog dan Television..

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.

Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata "televisi" merupakan gabungan dari kata tele ( "jauh") dari bahasa Yunani dan visio ("penglihatan") dari bahasa Latin, sehingga televisi dapat diartikan sebagai “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan."

Penggunaan kata "Televisi" sendiri juga dapat merujuk kepada "kotak televisi", "acara televisi", ataupun "transmisi televisi". Di Indonesia 'televisi' secara tidak formal sering disebut dengan TV (dibaca: tivi, teve ataupun tipi).

Meskipun secara fisik keduanya berbeda bentuk/ wujudnya, namun memiliki kemiripan.. apa itu kemiripannya ?.

Lembaga Rating adalah lembaga yang mempunyai peran penting bagi TV dan juga Blog.

Rating TV adalah ukuran yang di gunakan untuk menilai seberapa banyak tingkat atau prosentase suatu acara TV ditonton oleh pemirsa pada saat di tayangkan. Sudah menjadi suatu keharusan bagi seorang eksekutif produser, produser dan asisten produser untuk mengerti benar istilah rating untuk dapat menilai apakah acara yang dikelolanya masuk kategori ditonton atau diabaikan oleh pemirsa. Sehingga dapat digunakan untuk mengambil keputusan apakah suatu acara TV akan dilanjutkan atau dihilangkan.

Stasiun TV di Indonesia saat ini menggunakan jasa AGB Nielsen Media Research untuk melakukan perhitungan rating dan share TV. AGB Nielsen Media Research melakukan pengukuran di 10 kota besar di Indonesia. Kota-kota tersebut adalah Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Makassar, Banjarmasin dan Denpasar. Dengan sistem perhitungan rating tersebut setiap hari masing-masing stasiun TV akan mengetahui seberapa besar jumlah pemirsa yang menonton program acaranya sepanjang satu hari sebelumnya..  simak>> KompakIndonesia.

Blog pun juga memiliki lembaga rating tersendiri misalnya Alexa Rank.
Alexa Rank adalah sebuah situs yang beralamat di www.alexa.com yang menyediakan fasilitas informasi tentang rangking/peringkat suatu situs, yang didasarkan pada jumlah trafik pengunjung yang masuk ke situs tersebut.  Semakin besar trafficnya maka semakin tinggi peringkat dari situs tersebut dan juga sebaliknya semakin kecil traffiknya maka semakin rendah peringkat dari situs tersebut, hal ini sangatlah perlu diketahui oleh seorang blogger yang memang ingin menjadikan situsnya sebagai lahan bisnis.

Alexa Rank mempunyai nilai peringkat dari nilai terkecil yaitu angka 1 ( satu ) sampai dengan seterusnya ( nilai berjuta-juta ) yang mana dalam perhitungan sistem di Alexa Rank apabila semakin kecil nilai Alexa Rank situs anda maka semakin baguslah peringkat situs tersebut.

“content is king”.

ya ,.. nampaknya urusan yang satu ini adalah hal yang diperhatikan betul oleh Blogger dan pengelola TV.  Dengan materi yang berkualitas mereka berlomba-lomba memikat para pemirsa untuk berkunjung/menikmati tayangan yang mereka sajikan.

Di pertelevisian semakin baik dan berkualitas tayangannya maka semakin banyak pula pemirsa yang menontonya. Jika semakin banyak pemirsa yang menonton maka nilai rating and share TV tersebut semakin bagus. Konsekuensi yang di dapat jika semakin bagus nilai rating sebuah TV adalah semakin banyak pula keuntungan (financial) yang di dapat. Keuntungan financial TV tersebut bisa di dapat dari banyaknya para pemilik produk usaha yang mempercayakan pengiklanan kepada TV tersebut. Atau semakin banyak orang/badan usaha yang bermitra dengan TV tersebut.

Selain itu banyak juga yang memanfaatkan media televisi untuk berkampanye menyampaikan tujuan mereka ke pada masyarakat luas. Misal Kampanye Layanan Masyarakat , Kampanye Caleg, Pilkada, Pilpres, dll

Demikian halnya di Blog,, semakin baik dan berkualitas konten sebuah Blog maka akan semakin banyak pemirsa atau pengunjung. Jika pengunjung semakin banyak berarti Blog tersebut memiliki traffic yang tinggi.

Traffic tinggi adalah salah satu hal yang sangat di idam-idamkan para Blogger. Banyak keuntungan yang di dapat jika blog kita memiliki traffic yang tinggi. Keuntungan tersebut antara lain yaitu membantu kita untuk me-moneitize Blog (menghasilkan pundi-pundi rupiah melalui Blog).

Bagaimana caranya ? Bisa dengan memasang jasa Pasang Iklan, ya Para pengiklan sangat senang memasang Iklan mereka di Blog yang ramai pengunjung. Dari situlah anda dapat mengenakan tarif tertentu atas jasa pengiklanan yang anda kelola. Selanjutnya bisa bergabung dengan program Affiliate, PPC, atau menjual produk anda sendiri (bisa barang atau jasa)

Keuntungan lainnya yaitu dapat membantu kita dalam meng-kampanyekan program-program tertentu. Program tersebut bisa saja adalah Kampanye Anti Korupsi, Kampanye go Green atau hal positif lainnya. Melalui Blog yang ramai pengunjung ini akan mempermudah kita menyampaikan maksud dan tujuan kampanye program kita ke khalayak ramai.
Celoteh: Ke-pandai-an kita dalam menyikapi dan menggunakan media Blog dan Televisi, akan menjadikan dua media ini menjadi media Komunikasi yang dapat membantu menambah wawasan kehidupan kita.

Demikian artikel Blog dan Televisi,Media Kita. Semoga bermanfaat

Gunakan fasilitas Kotak Komentar untuk tanggapan/tambahan atas artikel ini.
Terima kasih.