Adolf Hitler adalah perwujudan monster dalam sejarah, personifikasi iblis, dan pengatur pembunuhan massal terbesar yang pernah ada. Ia bertanggung jawab atas perang dunia yang menelan 70 iutajiwa, termasuk 6 juta dalam Holocaust. Tidak ada nama lain yang menuai cercaan sebesar itu atau mampu mewujudkan kedalaman jatuhnya kemanusiaan seperti Hitler. Di antara kengerian sejarah, kejahatan Fuhrer Nazi ini terus memperoleh tempat tersendiri.

“Jika suatu saat bangsa Jerman tidak lagi cukup kuat atau siap untuk bersedia mengorbankan darah demi keberadaannya, maka biarkan ia musnah dan dihancurkan oleh kekuatan lain yang lebih besar ...”
Adolf Hitler, 27 November 1941

Lahir di Braunau am Inn di Austria, Hitler meninggalkan sekolah pada usia 16 tahun. Ia kecewa ketika lamarannya untuk belajar menjadi seniman di Wina ditolak dua kali. Ia berjuang untuk bertahan di Wina dengan berusaha menjual lukisan, sekaligus mengonsumsi pemikiran nasionalisme dan anti- Semitisme.

Pada tahun 1913, Hitler pindah ke MUnchen, dan pada bulan Agustus 1914 bergabung dengan tentara Jerman. Ia ikut berperang di Garis Depan Barat dan mencapai pangkat kopral.Ketika pada bulan November 19t8, pemerintah Jerman setuju untuk gencatan senjata, Hitler-dan banyak nasionalis Jerman lainnya-percayabahwa pasukan Jerman yang tak terkalahkan telah 'ditikam dari belakang'. Ia merasa muak dengan Perjanjian Versailles, yang membuat Jerman kehilangan sebagian besar wilayah dan pasukan bersenjatanya.

Setelah perang, Hitler bergabung dengan Partai Buruh Jerman (DAP), setelah terkesan dengan gabungan nasionalisme, anti-Semitisme, dan anti-Bolshevik DAP. Tak lama kemudian, ia telah memperoleh reputasi sebagai orator ulung, dan pada tahun 1921, ia menjadi pemimpin Partai Buruh Sosialis Nasional Jerman (NSDAP)-Partai Nazi. Di sini, ia mengembangkan gerakan pemujaan atas kekuatan, pembasmian dan pembunuhan kejam, superioritas ras, ilmu genetik, dan kepemimpinan brutal. Ia mendirikan sayap paramiliter, SA (Sturmabteilung, atau 'Divisi Badai'), dipimpin oleh Ernst Rohm.

biografi sejarah adlof hitler ,riwayat-sejarah-adlof-hitler. foto adlof hitlerTerinspirasi oleh Mussolini di Italia, Hitler berusaha memperoleh kekuasaan, dan pada bulan November 1923 di Munchen, ia melancarkan plot menggulingkan Republik Weimar yang demokratis.Usaha ini gagal dan ia ditangkap serta dihukum lima tahun kurungan penjara-tapi hanya selama beberapa bulan, dan pada saat itu menulis Mein Kampf ('Perjuangan Saya'), yang memuat anti-Semitisme, antikomunisme dan nasionalisme militan penuh amarah. Ia juga mengubah taktik, yaitu memutuskan untukmencari kekuasaan melalui pemilihan umum dan kemudian menggantikan demokrasi dengan Negara autokratis.

Kesempatan Hitler tiba dengan datangnya Depresi Besar. Dalam pemilihan selanjutnya, ketika ekonomi menurun, Partai Nazi memperoleh lebih banyak suara dan menjadi partai terbesar di Reichstag (parlemen Jerman) pada bulan Juli 1932, sebuah posisi yang diperkuat dengan pemilihan umum pada bulan November. Pada tanggal 30 Januari 1933, Hitler disumpah menjadi kanselir.

Setelah pembakaran Reichstag pada bulan Februari 1933, Hitler mencabut kebebasan sipil dan mengesahkan ‘Undang-undang Pengesah’.yang mengizinkannva memerintah sebagai diktator.

Adlof Hitler adalah Kanselir Jerman dari tahun 1933 sampai 1945.Program persiapan perang dan kebijakan territorial agresifnya berujung pada konftik dunia dalam skala yang tak tertandingi.

Pihak oposisi ditekan. Hitler bahkan mengalihkan tekanan secara internal: 'Malam Pisau Panjang' pada bulan Juni 1934 menjadi saksi pembunuhan Rohm dan pimpinan SA oleh SS (Schutzstaffel atau 'Skuad Penjaga'). Dua bulan kemudian, Hitler, dibantu tangan kanannya Hermann Goering dan Joseph Goebbels, mencapai kekuasaan sipil dan militer mutlak ketika ia menjadi Fuhrer ('pemimpin') dan kepala negara.

biografi ingkat adlof hitler, riwayat-sejarah-adlof-hitler. foto adlof hitlerNazi memulai pemulihan ekonomi, yaitu mengurangi pengangguran dan memperkenalkan skema baru yang ambisius seperti membangun jaringan jalan baru. Banyak dari lawan Hitler sebelumnya, memberikankesempatan pada Hitler. Namun, 'keajaiban' ekonomi yang nyatanya dicapai lewat mempersenjatai ulang Jerman secara besar-besaran, melanggar Perjanjian Versailles – langkah pertama dalam  niat Hitler yang lebih luas untuk melancarkan perang barbar dan rasial Eropa secara penuh.

Pada bulan Maret 1936, Hitler kembali menduduki daerah bebas militer di Rhineland. Ia dengan hati-hati mencatat respons dari komunitas internasional tidak ada. Hal ini memicu semangatnya. Pada bulan Maret 1938, ia mencaplok Austria; pada bulan September, ia mengamankanwilayah berbahasa Jerman, Sudetenland, di Cekoslovakia; dan pada bulan Maret 1939, ia menduduki yang tersisa dari Cekoslovakia.

Pada tiap pendudukan, ia menerima sedikit penolakan dari kekuatan Eropa lain. Ia telah memenuhi sumpah utamanya: Versailles telah diremehkan menjadi sekadar 'secarik kertas'. Hitler menandatangani Pakta Molotov- Ribbentrop dengan diktator Soviet, Josef Stalin, yang membagi Eropa timur di antara kedua tiran brutal ini. Pada bulan September 1939, Hitler menaklukkan Polandia, sebuah gerakan yang memicu deklarasi perang dari Britania dan Prancis. Namun, pada musim semi tahun l940, pasukan Jerman beralih ke barat, dengan menaklukkan Norwegia, Denmark, Negara-Negara Rendah (Belanda, Belgia, Luksemburg), dan Prancis dalam serangan militer hebat. Pada tahun 1941 , Yugoslavia dan Yunani jatuh, dan hanya Britania yang belum dikalahkan. Hitler kemudian mendominasi kekaisaran benua barbarnya dan sepertinya tak bisa ditundukkan.

Pada bulan Juni 1941, Hitler melancarkan serangan kejutan ke Rusia dalam Operasi Barbarossa, konflik terbesar dan paling brutal dalam sejarah umat manusia yang menervaskan 26 juta rakyat Soviet. Ia bergerak ke timur untuk memimpin kekuasaan terbesarnya dari markas militer di Polandia timur ('sarang Serigala'). Pasukan Jerman memperoleh serangkaian kemenangan pada awal kampanye militer Barbarossa, hampir mengambil alih Moskow, ibu kota Soviet, dan menawan 6 juta orang.

Sementara itu, proyek lain vang lebih mengerikan mulai dijalankan di Eropa yang diduduki Nazi. Mein Kampf telahberbicara mengenai niat kejam Hitler terhadap kaum Yahudi. Hukum Nuremberg 1935-1936 yang mencabut hak azasi orang Yahudi di Jerman, menyiratkan hal yang lebih buruk akan terjadi. Ketika awan Perang berkumpul pada akhir dekade, terdapat tanda-tanda yang lebih berbahaya: Kristallnach (Malam Gelas yang Pecah') pada bulan November 1918 telah membawa gelombangserangan terhadap rumah-rumah dan properti Yahudi di seluruh Jerman.

Hitler awalnya puas dengan memperbudak dan membuat bangsa Yahudi kelaparan di Polandia. Akan tetapi,sekarang ia memerintahkan kebijakan pemusnahandengan menggunakan Einsatzgruppe (Pasukan Tugas )untukmenembak jutaan orang Yahudi. Barbarossa menjadi pemicu dan alasan untuk'solusi Final bagi masalah Yahudi'.

Di bawah perintah Hitler kepada Pimpinan S ,S Heinrich Himmler, bangsa Yahudi dikirim ke kamp pemusnahan untuk dibantai di kamar gas dalam skala besar. Holocaust, seperti sekarang telah menelan nyawa 6 jutaorang Yahudi, begitu juga nyawa kaum minoritas lain yang dibenci Nazi, termasuk Gipsi, Slav, dan homoseksual. Peristiwa ini tetap menjadi kejahatan tiada tandingan.

Namun, Soviet mengalahkan Jerman di Stalingrad pada tahun 1942-1943. Setelah kemenangan mereka di Kursk pada musim Panas tahun 1943, perlahan tapi pasti Soviet menghancurkan kekaisaran Hitler seraya bergerak menuju Berlin.

Pada bulan Juni 1944, Sekutu menginvasi Prancis utara pada pendaratan D -day' dan maju, berperang untuk nantinva bertemu Soviet di Jerman. Hitler brutal vang semakin panik menolak untuk menghadapi kenyataan. Ia menuntut prajuritnva berperang sampai orang terakhir.Ketika Jerman perlahan dihancurkan oleh Tentara Merah di timur,pasukan Britania dan Amerika di utara, ia kabur ke Fuhrerbunker ke Berlin. Hitler, yang bertanggungjawab atas meninggalnva 70 juta jiwa, kemudian bunuh diri pada tanggal 30 April.

HARI-HARI TERAKHIR HITLER

Hitler kabur ke Fuhrerbunker diBerlin pada tanggal15 Januari 1945, bersama dengan staf pendukung, Eva Braun dan keluarga Goebbels. Pada tanggal 16 April, Tentara Merah memulai pertempuran Berlin dengan menyerang dalam gerakan mengepung yang dengan cepat menghancurkan kota.

Hitler menghabiskan waktunya memerintahkan pasukan yang tidak ada untuk melancarkan serangan yang tidak ada, menyatakan Goering dan Himmler sebagai pengkhianat. dan menvelenggarakan pestaminum teh manis dengan sekretaris perempuannya yang setia.

Pada tanggal 28 April, setelah menndengar usaha Himmler untuk mencapai perdamaian, Hitler memerintahkan penembakan terhadap pejabat (S.S) Himmler Legelien (saudara ipar Eva Braun dan ‘anak kesayangan’ Himmler) di taman Chancellery.

Pada tanggal 29 April, Hitler menikahi Eva Braun dalam upacara sipil di Ftihrerbunker. Hari berikutnya, Braun dan Hitler menelan kapsul sianida-sebelumnya telah dicoba kepada anjingnya, Blondi-dan Hitler menembak dirinya sendiri di kening kanan. Untuk mematahkan rumor bahwa ia kabur ke Amerika Selatan, saksi mata mengklaim bahwa jenazahnya dibakar. Hal ini dikuatkan ketika petugas SMERSH (unit kontra-inteligen Tentara Merah) menemukan sisa-sisa tubuh di dekat bunker yang di konfirmasi sebagai Braun dan Hitler berkat catatan gigi mereka.

Kerangkanya dikubur di bawah pangkalan udara Magdeburg Soviet di Jerman timur, kemudian digali dan dibakar pada tahun 1970 di bawah perintah pimpinan KGB Yuri Andropov. Pada tahun 2000, bagian tengkoraknya dipertontonkan di kantor Arsip Negara Moskow.