iklan produk online

Tips Menjaga Kebugaraan Tubuh Saat Berpuasa

Sebentar lagi umat muslim akan menginjak bulan Puasa yang penuh berkah.

Puasa secara bahasa adalah menahan diri dari sesuatu. Sedangkan secara terminologi, adalah menahan diri pada siang hari dari berbuka dengan disertai niat berpuasa bagi orang yang telah diwajibkan sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.

Banyak manfaat dari menjalani ibadah puasa ini, selain meningkatkan pahala kita dalam beragama, puasa juga dapat menjaga kesehatan tubuh kita.

kebugaran, tips kebugaran selama puasa, bulan puasa,
Gambar Ilustrasi Menjaga Kebugaran.
Meskipun menjalani puasa, kita tidak boleh menjadikan alasan sedang berpuasa untuk menurunkan semangat kita dalam melakoni pekerjaan. Agar tetap produktif dalam bekerja selama menjalani puasa maka kita harus menjaga kebugaran tubuh kita. Di bawah ini adalah tips untuk menjaga kebugaraan saat berpuasa.
  1. Untuk mempersiapkan tubuh anda menjalani hari dengan berpuasa, makanlah makanan tinggi serat dan nutrisi, seperti nasi merah, roti gandum atau oatmeal, disertai dengan buah sebagai cemilan dan hindari makanan berlemak saat sahur.
  2. Minum cukup air putih, yaitu 3 gelas saat sahur.
  3.  Mulailah dengan olahraga intensitas ringan di pagi hari setelah sahur, misalnya jalan cepat dan bersepeda.
  4. Pada sore hari sebelum  berbuka, anda dapat melakukan olahraga yang lebih berat, misalnya lari, sepak bola, atau basket.
  5. Bagi anda yang ingin menjaga bentuk badan dan kekuatan otot, anda dapat melakukan fitness di gym pada sore hari.
  6. Jangan lupa melakukan pemanasan dan stretching sebelum berolahraga dan diakhiri dengan pendinginan.
  7. Olahraga lebih menyenangkan apabila dilakukan bersama kerabat dan teman, sehingga tidak terasa lebih berat.
  8. Perhatikan kesehatan anda, sebaiknya olahraga intensitas sedang-berat tidak dilakukan saat kondisi badan tidak optimal dan lebih baik berkonsultasi dahulu dengan dokter.
  9. Berbukalah dengan yang manis, lalu dilanjutkan dengan makan besar, dan sebaiknya sebelum tidur jangan lupa mengkonsumsi buah-buahan terlebih dahulu.
Dari tips di atas disimpulkan bahwa puasa bukan alasan untuk meniadakan aktifitas olahraga, karena olahraga merupakan salah satu cara penting dalam upaya menjaga agar tubuh tetap fit selama menjalalankan puasa. Tentu olahraga yang dijalani harus disesuaikan dengan kondisi pada diri kita selama puasa.

Demikian tips menjaga kebugaraan tubuh saat berpuasa. Semoga bermanfaat

Sumber acuan tips:
Tetap Fit Selama Bulan Puasa

Artikel Terkait

Trmksh atas kunjungannya. Suka artikel ini? Like/Share dgn tombol di atas. Etika COPAS: sertakan Link sumber seperti di bawah ini ! dgn begitu berarti anda telah menghargai kerja keras Kami.(JT)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di JejakTamboen

0 komentar:

Post a Comment

'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Silahkan berkomentar dengan Baik dan Sopan
1. Tidak diperkenankan menautkan Link Aktif di Kolom Komentar.
2. Dilarang beriklan dalam Komentar.
'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Komentar berkualitas dari anda sangat penting bagi kemajuan Blog kami.

Beranda
Support :Creating Website | Johny Template | Slapia Souvenir
Copyright © 2016. Jejak Tamboen | Sejarah | Blogging | Informasi | Alternative Site for U - All Rights Reserved | Template Modified by BayuRD
Proudly powered by Blogger
Free counters!