iklan produk online

Ulasan Data dan Fakta Sinetron Indonesia

Sinema elektronik atau lebih populer dalam akronim sinetron adalah istilah untuk serial drama sandiwara bersambung yang disiarkan oleh stasiun televisi. Dalam bahasa Inggris, sinetron disebut soap opera (opera sabun), sedangkan dalam bahasa Spanyol disebut telenovela.

Sinetron indonesia fakta data dan ulasan, foto fakta sinetron indonesiaSebenarnya Sinetron sendiri merupakan sebuah karya seni drama sandiwara yang bagus untuk kita nikmati, asalkan isi ceritanya mengandung nilai-nilai luhur kehidupan dan sarat akan nilai edukasi.

Tapi apa yang ada dalam benak anda jika mendengar kata

SINETRON INDONESIA??

Mungkin anda muak mendengar kata2 tersebut,.atau sebaliknya??  Jujur saya pun merasa miris dengan tayangan Sinema Elektronik (Sinetron) yang minim akan nilai edukasinya. 

Harus diakui memang tidak semua sinetron itu jelek (sebut Saja sinetron Keluarga Cemara, Si Doel Anak Sekolahan dll) 
Tapi kenyataannya sinetron kita  kebanyakan  tidak mendidik dan kadang ide ceritanya tidak masuk akal. 

Contoh:
Seorang anak kecil pergi ke toko obat dengan mengendarai seekor burung besar. Dan Seorang wanita muslimah yang super sabar meskipun disiksa dari awal hingga akhir episode (Sinetron “Muslimah” ).
    
Seorang Haji yang iri terhadap tetangganya,dimana tetangganya mampu sukses dari jualan bubur dan bisa naik haji juga..(sangat jelas tayangan semacam ini merusak khaidah2 agama)
Dan baru-baru ini , ketika saya memindah channel secara tak sengaja melihat tayang sinetron berlatar belakang cerita tradisional orang jawa jaman dulu tapi setelah saya perhatikan kok ada Batman ditengah-tengah banyak orang bersama seorang putri, tu Batman salah masuk acara atau pengen eksis. (suer,beneran).

Diatas merupakan sedikit contoh ketidak integritasan dari segelintir sinetron yang ada di negeri kita,

Di Era 90an kita punya sinetron Tersanjung, mungkin bisa dikatakan sinetron tersebut adalah sinetron terpanjang di Indonesia.Terbukti dengan seri-nya yang sampai seri ke 7 dengan waktu tayang kurang lebih 7 tahun. Dan ada lagi Sinetron semacam Cinta Fitri, Putri yang di Tukar,

Dari ketiga sinetron ini mempunyai kemiripan ide cerita yaitu bertemakan Keluarga Berada (bergaya Hidup Mewah (Hedon) . Kritik terhadap tema ini datang dari pandangan bahwa konflik yang terjadi dalam suatu keluarga berasal dari kebencian mendalam yang berlarut-larut. Dalam beberapa sinetron, konflik akibat kebencian tersebut bahkan mencapai puluhan tahun. Akibat konflik yang berlarut-larut tersebut, sinetron dengan latar keluarga berada biasanya banyak memuat redudansi (berulang-ulang) cerita.

Dari cerita sinetron bertemakan Keluarga sekarang kita beralih ke Sinetron bergenre religi. Dari banyak tema sinetron religi, Kita ambil salah satu contoh yaitu Sinetron religi bertemakan bulan Ramadhan.

Saya sudah dapat menerka dari cuplikan promonya, dan isinya tidak jauh dari drama percintaan,orang tua yang marah-marah kepada anak gadisnya dan konflik-konflik yang kurang jelas. Dan perlu diingat bahwa ini sinetron untuk bulan Ramadhan Lho. Apakah ini pantas untuk ditayangkan pada bulan suci? Bukankah justru akan menciderai ibadah puasa umat Muslim.?

Lanjut. kita beralih ke sinetron super HERO.

Dulu ada Saras 008,siapa yang tidak  kenal dengan tokoh Saras,?? Ia adalah tokoh yang sering dijuluki Cat Women versi Indonesia. Sinetron Saras saya nilai ceritanya sudah on the track (dalam artian ceritanya jelas,bahwa Saras selalu berhadapan dengan mister Black dan Ratu Sinisi yang akan menguasai Bumi dan tidak banyak bumbu2 lain).

Tetapi,harus diakui tayangan super Hero di Era 90-an akhir ini kadang sedikit konyol yang seharusnya tak perlu terjadi. Misalnya, penggarapan yang terlalu pas-pasan sehingga film yang keinginannya tampil canggih ini akhirnya tampil seadanya, akting pemain yang sangat payah, kecuali Dorman Borisman yang tampil agak lumayan, dan penyuntingan yang kasar sehingga trik kamera masih terlihat nyata. Maklumlah, sinetron kita belum canggih apalagi untuk ukuran tayangan era 90-an.hehe

Baru-baru ini Saya lihat di TV yang sama ada super Hero baru, sebut Saja “HIRO”,.Dengan adanya “HIRO” ini Saya berharap bisa menjadi kebangkitan kecanggihan special effect tayangan super HERO dalam negeri dan garapannya dapat lebih baik daripada era 90-an.

Setelah saya ikuti beberapa episode ternyata kembali terulang, penggarapan yang terlalu pas-pasan sehingga film yang keinginannya tampil canggih ini akhirnya tampil seadanya, akting pemain yang sangat payah, Dan itupun diperparah dengan adegan percintaan yang tidak mendidik sama sekali. Dimana dua orang cewek berebut tokoh yang menjadi super hero, padahal mereka masih SMP. Tayangan ini pun lebih menonjolkan adegan abg yang berebut seorang cowok , oleh dua teman ceweknya daripada aksi super Hero. Sebenarnya ini drama percintaan atau tayangan super Hero?. Akhirnya apa yang saya harapkan tidak dapat dari sinetron ini.

Kita menuju pembahasan yang terakhir yaitu Sinetron Anak-anak dan ABG,

Banyak sinetron untuk anak-anak di televisi kita, tapi sekali lagi tidak ada yang satu pun tayangannya yang mendidik. Contoh: Ada anak SD rambutnya yang di panjangin seperti Upin-Ipin, Anak SD yang sudah pacaran. Ini tentunya sangat berbahaya jika dikonsumsi anak. Pastinya akan merusak pola pikir mereka kearah yang tidak baik. Dalam sinetron anak-anak ini saya tidak menyebutkan merek,anda bisa melihat sendiri .(maaf saya bukan Maniac sinetron) .

Lanjut Ke Sinetron ABG, Mungkin bagi sebagian orang, menonton sinetron yang bergenre anak ABG adalah hal biasa, atau mungkin karena penonton Indonesia sudah muak dengan sinetron lama yang bertemakan konflik keluarga. jadi dibuatlah genre sinteron yang menampilkan anak-anak SMP dan SMU. Lagi-lagi tayangan Sinetron ABG juga tidak mendidik sama sekali, Dimana mereka bergaya Lebay, tidak mencerminkan anak sekolah (misal: rok sekolah mini, rambut yang ditata lebay,dll) gaya  dan isi ceritanya yang hanya berputar pada masalah rebutan cowok. Bergaya hidup mewah, membentuk Gank dalam bergaul, saling menjatuhkan satu sama lain.

Dari penjelasan panjang lebar diatas, timbul perntanyaan dalam benak saya. Apakah semuanya itu pantas untuk dijadikan sebuah tontonan????...Apakah ini  serangan secara halus dari pihak luar untuk menghancurkan RI?? Apakah ini Agenda Freemansory??saya tidak mau berspekulasi jauh tentang hal ini. Yang jelas tayangan-tayangan tersebut sangat berbahaya untuk di konsumsi,terlebih untuk generasi muda kita, SAVE OUR GENERATION.!!

Semoga orang yang berkompeten dan berwenang didunia pertelevisian republik ini mau membaca tulisan yang tidak bermutu dari saya ini, untuk dijadikan sedikit kritik,agar segera menghapus semua tayangan yang tidak bermutu. Dan menggantinya dengan tayangan yang jauh lebih baik, lebih pantas dan jauh lebih bermoral..

mohon maaf apabila ada kata2 yg kurang berkenan di hati para pembaca. postingan ini hanyalah ungkapan hati yang tidak bisa dibohongi.


Trmksh.for read
Kang Tamboen

nb: jika anda/pembaca tidak berkenan atas penayangan postingan di atas, anda dapat menghubungi kami, & kami akan menindak lanjuti pengaduan anda.
 

Artikel Terkait

Trmksh atas kunjungannya. Suka artikel ini? Like/Share dgn tombol di atas. Etika COPAS: sertakan Link sumber seperti di bawah ini ! dgn begitu berarti anda telah menghargai kerja keras Kami.(JT)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di JejakTamboen

2 komentar:

maria said...

hi Bayu ... salam kenal.

SETUJU sekaleeeee...
klo si Doel naah itu bagus ceritanya 'n gak lebay ^^.

klo sinetron kayak skrg, wes mending ganti channel aja

Jejak Tamboen said...

Saya yakin para pemerannya punya hati akan hal itu,tp apa daya mereka juga butuh penghasilan utk hidup.

Dilema memang.inilah yg saya sebut jeratan kapitalisme.
semoga kedepannya tayangan2 TV kita dpt mjd lebih baik.

Btw,. website mbak Maria sangat inspiratif,ditunngu tutorial2 barunya mbak,
trmksh tlh berkunjung.

Post a Comment

'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Silahkan berkomentar dengan Baik dan Sopan
1. Tidak diperkenankan menautkan Link Aktif di Kolom Komentar.
2. Dilarang beriklan dalam Komentar.
'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Komentar berkualitas dari anda sangat penting bagi kemajuan Blog kami.

Beranda
Support :Creating Website | Johny Template | Slapia Souvenir
Copyright © 2016. Jejak Tamboen | Sejarah | Blogging | Informasi | Alternative Site for U - All Rights Reserved | Template Modified by BayuRD
Proudly powered by Blogger
Free counters!