Sejarah Lambang Negara Burung Garuda

Sejarah Lambang Negara Burung Garuda
JejakTamboen
By Jejak Tamboen ™ | Alternative Site for U
Published: 2012-09-20T09:41:00-07:00
Sejarah Lambang Negara Burung Garuda
4.5 11 reviews
Lambang negara Burung Garuda
Para pembaca yang budiman pasti tahu gambar disamping? ya. tepat. itu adalah gambar lambang Negara Indonesia (Burung Garuda)
Tapi tahukah anda jika dalam proses kelahirannya, Lambang negara kita ini punya petualangan tersendiri.

Dari penelusuran JT dalam sebuah buku tulisan Asvi Warman A ."Menguak Misteri Sejarah" dikatakan bahwa, ada empat pihak yang berjasa dalam membuat lambang negara yang berasal dari gambar burung pada candi yang ada di Nusantara.

Pertama,tentu pihak Panitia Lencana Negara Negara Zonder Porto Folio Sultan Hamid II dengan susunan panitia teknis M.Yamin sebagai ketua, Ki Hajar Dewantara, M.A. Pellaupessy, M.Natsir, dan R.M. Ng.Purbatjaraka sebagai anggota.


Panitia ini bertugas menyeleksi usulan rancangan lambang negara untuk dipilih dan diajukan kepada pemerintah.Muncul gagasan dari Bung Hatta untuk diadakan sayembara.Pelukis Lekra,Basuki Resobowo mengaku mengirimkan lukisannya dan mengan dalam sayembara tersebut.Perlu diperiksa arsip gambar-gambar yang dikirimkan kepada panitia tersebut.

Jadi pihak kedua yang berjasa dalam pembuatan lambang negara adalah para peserta sayembara yang salah satunya mungkin adalah Basuki Resobowo.
Perlu diingat bahwa proses ini terjadi pada masa RIS (Republik Indonesia Serikat) dan kita ketahui bahwa sejak Agustus 1950 negara-negara bagian yang ada pada RIS telah melebur kepangkuan Ibu Pertiwi RI (Republik Indonesia).Dalam usulan awal lambang itu tercantum kata Republik Indonesia Serikat pada lingkaran sekeliling burung Garuda.
Pihak Ketiga, tentulah Presiden Soekarno yang menilai dan memutuskan pada tahap akhir, gambar yang dipilih sebagai lambang negara.
 
Pihak keempat adalah pelukis yang diminta bantuan sebagai konsultan oleh presiden Soekarno, yakni D.Ruhr Jr dan pelukis istana Doellah yang menggambar kembali lambang tersebut sebagaimana diminta oleh Soekarno.(JT)

Celoteh:
Pancasila merupakan azas yang pas bagi bangsa Indonesia. Butir demi butir sila yang ada di dalamnya merupakan hasil penggalian akar budaya dan sosial yang telah hidup berabad-abad di hati sanubari Nusantara kita. 

Di era yang katanya Globalisasi ini nampaknya Pancasila hampir kehilangan "Kegagahanya", untuk itu mari Kita jaga selalu nafas Pancasila dalam setiap sendi kehidupan. Jayalah selama-lamanya Pancasila-ku !!

Trmksh atas kunjungannya. Suka artikel ini? Like/Share dgn tombol di bawah. Etika COPAS: sertakan Link sumber seperti di bawah ini ! dgn begitu berarti anda telah menghargai kerja keras Kami.thx before..(JT)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di JejakTamboen

0 komentar:

Post a Comment

'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Silahkan berkomentar dengan Baik dan Sopan
1. Tidak diperkenankan menautkan Link Aktif di Kolom Komentar.
2. Dilarang beriklan dalam Komentar (Silahkan beriklan Gratis di menu Community)
'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Komentar berkualitas dari anda sangat penting bagi kemajuan Blog kami.

Beranda
Support :Creating Website | Johny Template | Slapia Souvenir
Copyright © 2012. Jejak Tamboen ™ | Alternative Site for U - All Rights Reserved | Template Modified by BayuRD
Proudly powered by Blogger
Free counters!