Riwayat Sejarah Adisucipto, Bapak Penerbang Indonesia, foto adi sucipto
Adisucipto atau nama lengkapnya adalah Mas Agustinus Adisucipto, Marsda TNI (1916-1947). Beliau lahir di Salatiga, tanggal 4 Juli 1916. Menamatkan pendidikan MULO, AMS bagian B di Semarang dan Sekolah Tinggi Kedokteran di Jakarta. Namun di Kedokteran beliau tidak sampai tamat. Kemudian beliau mendaftarkan ke Sekolah Penerbangan di Kalijati sampai berhasil memperoleh Brevet Penerbang Tingkat Atas.

Pada pendudukan Jepang, Adisucipto bekerja di perusahaan bus di Salatiga. Setelah bangsa Indonesia Merdeka beliau turut membina AURI yang kemudian diangkat sebagai Kepala Staf AURI. 

Pada tanggal 27 Oktober 1945, Adisucipto berhasil menerbangkan pesawat bekas yang telah diperbaiki oleh tekhnisi-tekhnisi Indonesia. Penerbangan itu merrupakan penerbangan pertama kali yang dilakukan oleh putra Indonesia. Atas anjurannya pula, maka didirikan Sekolah Penerbang di Maguwo Jogjakarta pada tanggal 1 Desember 1945. Karena jasa-jasanya, beliau disebut juga sebagai Bapak Penerbang Indonesia.

Adisucipto pada masa berkarir di penerbangan, beliau pernah ditugasi ke India dan Filipina untuk mencari tenaga pelatih dan menyewa sebuah pesawat terbang Dakota. 

Bersama rekannya Abdulrahman Saleh pada bulan Juli 1947 berangkat ke India lagi untuk menunaikan tugas. Kemudian pada tanggal 29 Juli 1947 kembali ke Tanah Air dengan membawa obat-obatan sumbangan Palang Merah Internasional untuk Palang Merah Indonesia. 

Akan tetapi ketika mau mendarat di lapangan terbang Maguwo Jogjakarta, pesawat yang ditumpangi Adisucipto ditembak jatuh oleh pesawat pemburu Belanda. Beliau gugur dalam tugas dan jenasahnya dimakamkan di Jogjakarta.

Untuk mengenang jasa-jasa serta pengorbanan, nama beliau diabadikan pada lapangan Terbang di Jogjakarta, yakni Lapangan Udara Adisucipto sebagai ganti Lapangan Terbang Maguwo

Selamat Jalan Pahlawan .


Bandar Udara Internasional Adisucipto adalah bandar udara utama yang melayani daerah Yogyakarta di Jawa, Indonesia. Bandar udara ini dulu dinamakan Maguwo, sesuai dengan nama desa tempatnya berada Maguwoharjo.
Alamat: Jalan Raya Solo KM. 9, 55282, Indonesia
Kode: JOG, Ketinggian: 107 m, Telepon: +62 274 498261