iklan produk online

Burung Pleci

Hobi Memelihara Burung Pleci


Burung Pleci termasuk janis burung yang sering di pelihara orang (termasuk saya,hehe). Walupun bentuknya terlihat kecil dan mungil namun kicauannya cukup nyaring. Sangat cocok dipelihara di rumah untuk memberi nuansa alam atau memberi ketenangan kepada kita saat melepas lelah sehabis bekerja. Selain itu, hobi memelihara burung pleci bisa juga disebabkan oleh kemampuan burung pleci untuk menirukan suara burung lainnya jika dirawat dan dipelihara dengan baik dan tepat.

Tips Memilih Burung Pleci yang baik
Bagi anda peng-Hobi burung (burung Pleci khususnya),pastinya anda pernah berkunjung ke Pasar burung,toko burung, atau  pernah di tawari langsung oleh pemilik burung pleci. Inilah tips untuk mendapatkan burung pleci yang baik:
  • Burung pleci yang baik adalah burung pleci yang memiliki perawakan atau tubuh yang panjang dan agak besar.
  • Memiliki paruh yang panjang dan juga tebal.
  • Lihat lingkaran putih matanya. (Jika lingkaran putih matanya tebal, maka itu termasuk burung pleci yang bagus).
  • Lihat juga kelincahan burung pleci tersebut di sangkarnya. (Semakin lincah dan bersuara maka semakin bagus).
  • Pastikan tidak ada cacat atau berpenyakitan.

Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membedakan burung pleci jantan dengan burung pleci betina, sebagai berikut:
a)       Burung pleci jantan biasanya memiliki lingkar mata yang lebih tebal dan lebih tajam dibandingkan dengan burung pleci betina.
b)       Dilihat dari warna tubuhnya (bulunya), burung pleci jantan memiliki warna bulu yang lebih hijau (lebih tajam) dibandingkan dengan burung pleci betina.
c)       Untuk melihat kelaminnya bisa dilihat pada duburnya (sedikit Porno,,haha). Tiup pada duburnya. Jika terlihat lebih menonjol, maka itu adalah burung pleci jantan.
Cara Merawat Burung Pleci
Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk merawat burung pleci kesayangan kita, sebagai berikut:
  • Selalu menjaga kebersihan sangkar burung pleci. Ini penting sekali untuk menjaga kesehatan burung pleci.
  • Tidak ada salahnya untuk memeberikan janis makanan kroto (larva semut) yang memang khusus diperuntukkan menjadi makanan burung kicau seperti burung pleci. Walaupun harganya agak mahal, namun makanan kroto sangat membantu menaikkan gizi burung pleci.
  • Berikan juga jenis makanan buah-buahan seperti tomat, pepaya, pisang, atau buah-buahan yang biasa dikonsumsi burung lainnya. Khusus untuk pisang, pilihlah pisang kepok. Karena pisang ini tidak gampang busuk dan juga kotoran burung pleci yang dihasilkan lebih mudah dibersihkan.
  • Semprot burung pleci secara teratur pagi dan sore untuk memandikannya. Bisa juga dengan diberi wadah air yang cukup besar di dalam sangkarnya agar burung pleci bisa mandi sendiri.
  • Untuk mendapatkan kualitas suara burung pleci, usahakan tidak diletakkan berdekatan dengan burung pleci lainnya jika memiliki burung pleci lebih dari satu. Lebih baik lagi diletakkan berdekatan dengan jenis burung kicau lain agar ia bisa menirukan suaranya.

Semoga tips ringan di atas dapat bermanfaat..
Nb: Bagi anda yang lebih mengerti tentang burung Pleci, bisa Sharing melalui kolom komentar di bawah ini,.

~terima kasih~

Artikel Terkait

Trmksh atas kunjungannya. Suka artikel ini? Like/Share dgn tombol di atas. Etika COPAS: sertakan Link sumber seperti di bawah ini ! dgn begitu berarti anda telah menghargai kerja keras Kami.(JT)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di JejakTamboen

0 komentar:

Post a Comment

'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Silahkan berkomentar dengan Baik dan Sopan
1. Tidak diperkenankan menautkan Link Aktif di Kolom Komentar.
2. Dilarang beriklan dalam Komentar.
'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Komentar berkualitas dari anda sangat penting bagi kemajuan Blog kami.

Beranda
Support :Creating Website | Johny Template | Slapia Souvenir
Copyright © 2016. Jejak Tamboen | Sejarah | Blogging | Informasi | Alternative Site for U - All Rights Reserved | Template Modified by BayuRD
Proudly powered by Blogger
Free counters!