iklan produk online

Sejarah Patung Liberty Amerika Serikat

Semua orang di seantero dunia pasti tahu apa itu Patung Liberty yang berada di Amerika Serikat. Patung  berwarna hijau yang mengacungkan obor tersebut merupakan lambang kebebasan atas sebuah tirani penjajahan. Sejarah berdirinya patung liberty memiliki suatu keunikan tersendiri, pasalnya bukan muncul dari gagasan orang amerika serikat, melainkan muncul dari gagasan warga negara lain. Selain itu pembuatan Patung Liberty juga dilakukan di negara orang lain.  Bagaimana kisah berdirinya Patung Liberty. kisah selengkapnya di bawah ini. . .

Patung Liberty merupakan sebuah persembahan dari rakyat Perancis kepada rakyat Amerika Serikat. Patung Liberty didirikan pada landasan yang kuat. Patung Liberty menjulang dengan ketinggian 305 kaki atau sekitar 93 meter. Di bagian kepala patung Liberty menggunakan mahkota berduri. Berat seluruhnya adalah 225 ton, dan belenggu yang putus pada kakinya melambangkan kemenangan atas tirani atau penjajahan. Pada bagian tangan kiri terdapat prasastu yang bertuliskan tanggal 4 Juli 1776 yang tertulis dengan angka-angka romawi. Sedangkan pada tangan kanannya mengacungkan obor sebagai lambang kemerdekaan.

Pada tahun 1865, seorang tokoh perancis, Edouard de Laboulaye memberikan saran kepada pemerintah Perancis agar memberi sebuah kenang-kenangan sebagai lambang persahabatan antara kedua negara dan bangsa. Jadi boleh dikatakan Edouard de Laboulaye adalah pemilik ide/penggagas pembuatan patung Liberty. Pada saat itu seorang pemahat ulung, Frederic Auguste Bartoholdi berlayar memasuki pelabuhan New York, ia segera menyatakan bahwa tempat itu merupakan tempat yang paling cocok untuk mendirikan monumen. Sedangkan yang akan ditegakkan disitu adalah sebuah lambang kemerdekaan, yang disebut dengan Patung Liberty seperti sekarang ini.

Perencanan pembangunan dan penggalangan dana pun mulai dijalankan. Uang untuk membangun monumen Patung Liberty digalang oleh Franco – American Union (Lembaga Persahabatan Amerika, Perancis) di tahun 1875.Kemudian telah dipastikan pula bahwa Perancis yang akan membuat patung Liberty itu, membawanya serta menegakkannya di dep[an pelabuhan New York nantinya. Sedangkan pihak Amerika hanya akan membangun landasannya. Lalu pada tahun 1882, seorang perancis yang baik hati serta merta menyumbangkan uang sebanyak satu  juta franc untuk pembuatran patung tersebut.

Mula-mula sekali, Bartholdi mempelajari tentang model-modelnya. Lalu seseorang memproduksi kedalam perunggu. Dalam proses aspek rekayasa struktur kerangka besi patung dan perakitan direalisasikan oleh Gustave Eiffel (Penggagas Menara Eiffel ) dan dibantu oleh arsitek lain yaitu  Richard Morris Hunt, Eugène Viollet-le-Duc.

Pengerjaan patung dibuat dengan cara bagian perbagian. Bahannya ialah campuran tembaga dan perunggu yang dibentuk  dengan landasan kayu-kayu. Kemudian pada tahun 1884, selesai sudah pengerjaan itu. Lalu pada tahun berikutnya, patung itu dikirim lewat laut ke Amerika Serikat dalam 214 buah kepingan.

Sebuah Panitia penggalang dana di Amerika terbentuk dan menunjuk Fort Wood yang terletak di Bedloe sebagai tempatnya (nama Bedloe, pada tahun 1956 diganti menjadi pulau Kemerdekaan oleh konggres).

Pembangunan landasan untuk patung itu sedikit memakan waktu karena panitia pada saat itu mengalami kekurangan dana. Lalu pembuatan landasan baru selesai pada akhir tahun 1884.  Lalu setelah dua tahun kemudian pada tanggal 28 Oktober 1886 patung itu diresmikan. Patung Liberty diresmikan oleh Grover Cleveland [Presiden Amerika Serikat Ke 22 (1885-1889) dan ke-24 ( 1893-1897) ]

Sejarah berdirinya Patung Liberty Amerika Serikat, Gambar Patung Liberty, Patung Liberty
Patung Liberty di Amerika Serikat

Patung Liberty resmi menjadi monumen Nasional pada tahun 1924. Sedangkan untuk kelestariannya ditangani oleh National Park Service Amerika, yaitu sebuah departemen yang mengurusi masalah keindahan kota. Di bawah patung Liberty terdapat museum imigrasi Amerika Serikat yang disediakan bagi siapa saja yang datang untuk mempelajari tentang makna sebuah kemerdekaan.
Demikian tulisan mengenai Sejarah Berdirinya Patung Liberty Di Amerika Serikat.
Semoga bermanfaat.

Sumber: buku 17 kejaiban dunia, PT Aqua Press, 1979
              / Wikipedia/

Artikel Terkait

Trmksh atas kunjungannya. Suka artikel ini? Like/Share dgn tombol di atas. Etika COPAS: sertakan Link sumber seperti di bawah ini ! dgn begitu berarti anda telah menghargai kerja keras Kami.(JT)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di JejakTamboen

0 komentar:

Post a Comment

'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Silahkan berkomentar dengan Baik dan Sopan
1. Tidak diperkenankan menautkan Link Aktif di Kolom Komentar.
2. Dilarang beriklan dalam Komentar.
'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Komentar berkualitas dari anda sangat penting bagi kemajuan Blog kami.

Beranda
Support :Creating Website | Johny Template | Slapia Souvenir
Copyright © 2016. Jejak Tamboen | Sejarah | Blogging | Informasi | Alternative Site for U - All Rights Reserved | Template Modified by BayuRD
Proudly powered by Blogger
Free counters!