iklan produk online

Tips Aman Belanja Online

Di jaman canggih sekarang ini transaksi online sudah menjadi bagian aktifitas bahkan telah menjadi gaya hidup. Salah satunya adalah transaksi belanja secara online.

Tips cara belanja online yang aman di Internet (how secure online shopping)online shopping safety  
 

" Kenapa belanja secara online? "

Banyak keuntungan dari belanja secara online, diantaranya adalah: 
[1] Anda tidak perlu repot bepergian jauh menuju ke toko tersebut.
[2] Menghemat waktu (pesan dan bayar secara online dari tempat anda)

Dan masih banyak lagi keuntungannya yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu.
Meskipun banyak keuntungan, Anda sebaiknya juga harus waspada terhadap penipuan dari transaksi pembelian secara online. Karena tidak sedikit yang menggunakan kemajuan luhur dari internet sebagai sarana kejahatan.

Ada 2 faktor yang menyebabkan penipuan terjadi dan tidak bisa dihentikan, yaitu:
•    Faktor Keuangan.
•    Faktor Gaya Hidup.

Dalam artikel ini Kami akan berbagi “4 Tips Mudah Antisipasi Penipuan Dalam Belanja Online” yang dapat digunakan oleh Anda untuk antisipasi agar tidak tertipu saat belanja online.

1. Google First !!

Sebelum membeli atau memesan sebuah produk, pastikan Anda tanya terlebih dahulu kepada Google. Misalnya Anda menemukan Toko Online ABC, pastikan Anda searching terlebih dahulu di Google dengan kata kunci “ABC scam” atau “ABC penipu” dan lainnya yang mengandung unsur penipuan.

Kalau Google tidak mencatat adanya kasus penipuan, ada 2 hal kemungkinan yaitu:
•   Memang aman dan terpercaya.
•  Baru buka atau baru mulai, sehingga google belum mencatat adanya    laporan penipuan.
Jadi tetap pastikan terlebih dahulu dengan tips selanjutnya.

2. Domain Berbayar atau Gratis?  

Banyak penipuan terjadi berawal dari kurangnya pengetahuan dari pembeli. Kebanyakan pembeli masih tergolong sangat awam untuk hal dunia jual beli online. Yang pembeli tahu adalah harga murah.

Dalam dunia internet, domain adalah hal terpenting dalam menjalankan bisnis di internet. Karena itu, jika Anda ingin belanja secara Online, pastikan lihat terlebih dahulu apakah domain tersebut gratis atau berbayar. Menggunakan akhiran .com/.co.id/.net atau menggunakan gratis seperti blogspot,wordpress /.co.cc.

Apakah Domain gratis salah?

Tidak ada yang salah, akan tetapi untuk berbisnis dan jual beli, salah satu kepercayaan harus dilihat dari hal tersebut.

Misalnya si penjual menjual seprei. Kemudian Anda ingin beli seprei dari penjual tersebut, pastikan yang Anda lihat pertama kali adalah domainnya. Apakah dia menggunakan TokoOnline.Blogspot.com atau TokoOnline.com?. Pada umumnya toko online jarang menggunakan .net/.org. Kebanyakan menggunakan akhiran .com.

Hal ini berlaku juga untuk penjualan di facebook atau online shop facebook. Yang dimana penipuan lebih sering terjadi melalui facebook.

Pledoi: Mungkin anda bertanya Jejak Tamboen kan pakai blogspot.com, mungkin Jejak Tamboen penipu nih? Dan Kami pastikan bahwa kami bukan penipu!!, Jikalau ada produk Kami menawarkan produk, kami menjamin produk yang kami tawarkan dapat dipercaya. Jika anda masih ragu anda dapat menghubungi Kami untuk mendapatkan informasi lanjut melalui tamboen. blog@gmail.com atau melalui Contact Us.

3. Chat, SMS, Email atau Telepon !

Kalau si penjual menggunakan domain gratis seperti Toko Online   YukBisnis.com, TokoOnline.Tokopedia.com, dan lainnya bagaimana?”.

Biasanya situs ecommerce yang bersangkutan memiliki tim verifikasi tersendiri yang dimana jika ternyata memiliki unsur penipuan, maka akun akan di suspend/delete (dihapus).

Sebagai pembeli, antisipasi yang bisa dilakukan adalah sebelum memesan coba untuk komunikasi dengan penjual melalui Chat Yahoo Messenger, jika memang support. Melalui SMS, jika memang harus SMS. Melalui telp, jika diperbolehkan telp dan melalui email.

Jika si penjual memiliki support 4 hal tersebut, setelah chat coba konfirmasi kembali dengan mengirim SMS, Email dan juga telpon kembali untuk tanya-tanya mengenai produk yang ingin Anda beli.

4. Perhatikan Rekening Transaksi!

Salah satu cara untuk antisipasi adalah dengan teliti melihat rekening untuk pembayaran. Misalnya si penjual bernama Budi sedangkan rekeningnya bernama Ina, berarti hal ini harus di waspadai. Akan tetapi belum tentu terkait penipuan. Karena bisa saja Ina dan Budi adalah partners dalam menjalankan bisnis di internet.

Pada umumnya sebuah toko online memiliki rekening dengan nama yang sama dengan penjual. Sekalipun si penjual memiliki 4 rekening, biasanya nama di rekening akan sama semua.

Ada beberapa tips lainnya untuk mengetahui lebih detail apakah si Toko Online tersebut memiliki kasus penipuan atau memang penjual terpercaya. Akan tetapi tips anitispasi belanja online di atas adalah tips umum yang dapat dilakukan oleh semua orang.

Penting!!
Mengenai tips point kedua, Banyak rekan-rekan yang berjualan online yang menggunakan domain blogspot,wordpress ataupun melalui  facebook. Bukan berarti kami menuduh mereka penipu.

Kami yakin 100% bahwa rekan-rekan blogger atau rekan-rekan facebooker mempunyai kredibilitas tinggi dapat dipercaya (termasuk blog Kami). Mungkin jika ada penipuan, mereka hanyalah oknum dari segelintir orang yang menyalah gunakan kemajuan teknologi komunikasi sebagai alat kejahatan.

Maksud dari tips point kedua adalah mengajak kita semua untuk selalu berhati-hati sebelum bertransaksi secara online. ! Kenali toko online tersebut dengan baik, baru anda melakukan langkah berikutnya (bertransaksi)

Setelah membaca tips ringan di atas, Kami berharap anda tak lagi harus takut atau was-was untuk berbelanja online., Mulai sekarang Ayo berbelanja Online,..hehe

Demikian Tips aman sebelum berbelanja secara Online di Internet.
Jika anda (pengunjung/pembaca) mempunyai tips lain mengenai topik di atas anda dapat berbagi melalui kolom komentar di bawah.

~Semoga bermanfaat~

Ditulis kembali dari artikel rekan Andhika berjudul:
Tips Mudah Antisipasi Penipuan Dalam Belanja Online.

Baca juga artikel lain dari Saudara Firmansyah
Memeriksa Status Keaslian Online Store
Memeriksa Keaslian Online Store (Lanjutan)

Artikel Terkait

Trmksh atas kunjungannya. Suka artikel ini? Like/Share dgn tombol di atas. Etika COPAS: sertakan Link sumber seperti di bawah ini ! dgn begitu berarti anda telah menghargai kerja keras Kami.(JT)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di JejakTamboen

4 komentar:

mariyanto widodo said...

Info yang bermanfaat sobat.

Jejak Tamboen said...

ya, terima kasih,.
ditunggu kunjungannya kembali.

Jika ingin aman berbelanja Online tips di atas setidaknya dapat membantu.
jgn takut utk berbelanja Online.

TokoOnline.com said...

Manteb masbro artikelnya. mudah mudahan tipsnya saya bisa share ke rekan rekan pemilik toko online.

Jejak Tamboen said...

Trmksh,.sukses utk toko online saudara,
sekedar informasi utk anda dan pengunjung lain.
Sebagai jalinan persahabatan, Kami menyediakan media utk mempromosikan blog/website, di menu Community. Penayangan tanpa batas & gratis !!

Post a Comment

'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Silahkan berkomentar dengan Baik dan Sopan
1. Tidak diperkenankan menautkan Link Aktif di Kolom Komentar.
2. Dilarang beriklan dalam Komentar.
'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Komentar berkualitas dari anda sangat penting bagi kemajuan Blog kami.

Beranda
Support :Creating Website | Johny Template | Slapia Souvenir
Copyright © 2016. Jejak Tamboen | Sejarah | Blogging | Informasi | Alternative Site for U - All Rights Reserved | Template Modified by BayuRD
Proudly powered by Blogger
Free counters!