Dalam suasana yang cerah, kembali JT menghadirkan sebuah postingan catatan manis yang ditorehkan oleh salah satu putra bangsa dalam bidang olahraga.

Rochy Putiray,.Siapa yang tak kenal legenda sepakbola tanah air yang satu ini. Urusan mengocek bola,merusak pertahanan lawan hingga mencetak gol dialah orangnya. Dengan bergaya nyentrik merupakan ciri khas penampilan yang membuat pemain satu ini mudah dikenali. Dalam penampilannya di lapangan hijau dia kerap kali mengecat rambut dan pernah memakai sepatu dari beda pasangan. Selain sukses sebagai pemain Timnas, penyerang bertinggi badan 1,74 meter merupakan pemain asal Indonesia yang sukses di liga asing.

Pada tahun 2001 ia pertama kali mencoba peruntungannya bermain di liga Hongkong, bersama Instant Dict. Rochy sukses mencetak 20 gol dalam 15 pertandingan. Kemudian pada tahun 2002-2004 ia kembali mencoba peruntungannya, namun pada tahun ini sudah berganti klub. Rochy pindah ke Kitchee SC , Selama 2 tahun dia sukses menjadi penyerang andalan dengan 41 gol dari 20 pertandingan. Lalu pada 2004 – 2005, Rochy bergabung dengan South China AA. Rochy sukses dengan mampu menjebloskan 15 gol dari 25 pertandingan .

Musim 2005 merupakan akhir kiprah Rochy di liga Hongkong, karena setelah itu, dia kembali berkiprah di Indonesia untuk bermain dengan PSPS Pekanbaru, dan menutup karier profesionalnya sebagai pemain sepak bola di PSS Sleman (Jogjakarta) tahun 2007.

Selama malang melintang di sejumlah klub sepakbola,mungkin di klub Kitche SC yang paling mengenang bagi Rochy. Kenapa? Karena disinilah ia mampu membawa Kitche SC mengandaskan salah satu klub raksasa Itali yaitu  AC.Milan .Dalam laga persahabatan yang di gelar di kandang Kitche SC ini Rochy mencetak 2 gol.

Lalu siapa yang tak kenal AC.Milan? pada laga melawan Kitche SC, AC.Milan diperkuat bek tangguh Maldini dan Striker kondang Andry Shevcenko. Jika disimpulkan berarti Rochy Putiray dalam laga itu mampu menaklukan ketangguhan Maldini dan mampu mengalahkan ketajaman Shevcenko. Laga berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Kitche SC.

Dalam dunia pendidikan, Rochy tertarik mengambil jurusan Fakultas Hukum. Dia telah merampungkan studi S1 hukumnya di Universitas Surakarta (UNSA),sebuah universitas swasta di propinsi Jawa Tengah.

Celoteh: Dalam keterpurukan persepakbolaan nasional saat ini, sosok Rocky Putiray mungkin salah satu Legend yang dapat dijadikan inspirasi untuk bangkitnya sepakbola nasional dan bangkitnya bibit-bibit pemain berbakat untuk mengharumkan sepakbola tanah air. Khusus untuk PSSI,keputusan dan kebijakan ditangan anda. Jadi bijaklah dalam mengambil keputusan serta utamakanlah kepentingan nasional di atas kepentingan pribadi atau pun golongan.

                                        Data Pribadi                            _

Rocky Putiray pemain bola hebat asal maluku indonesia dan mantan timnas Nama lengkap  : Rochy Melkiano Putiray 
Tanggal lahir    : 26 Juni 1970 
Tempat lahir    : Ambon, Maluku, Indonesia 
Tinggi             : 1.74 m (5 ft 9 in) 
Posisi bermain : Penyerang



Dihimpun dari berbagai sumber:
Recommendation on Rochy_Putiray