iklan produk online

Beberapa Cara Mencegah Pembajakan akun Facebook dan Twitter (Anda wajib Tahu)

Memang ngeri jika mendengar kata-kata Pembajakan di dunia maya, terlebih pembajakan akun Twitter dan Facebook. Sudah bisa dibayangkan jika hal itu menimpa kita. Pastinya kita akan kehilangan akun serta akses bersosialisasi dengan teman dekat dan orang lain di social media  tersebut. Dan yang lebih parahnya lagi, mungkin data-data kita bisa dimanfaatkan untuk kepentingan si pembajak.

Untuk itu kita harus lebih waspada dan berhati-hati dalam menggunakan akun media sosial, agar akun facebook atau akun twitter kita tidak di mudah di bajak orang lain. Di bawah ini kami mencoba merangkumkan beberapa cara aman dari pembajakan akun twitter dan facebook.

tips aman dari pembajakan  akun facebook dan twitter, tips agar facebook tidak mudah dibajakGunakan kata kunci (password) yang kemungkinan ditebak susah. 

Jangan gunakan password yang mudah ditebak seperti nama dan tanggal lahir sendiri. Gunakan minimal 8 karakter yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Lebih bagus lagi kalau dikombinasi dengan karakter lain seperti: [#] [?] [@] [<] [%] dan lain-lain. Semakin banyak kombinasi, semakin bagus. Karena password kita akan sulit ditebak. Tapi perlu di ingat, jangan sampai lupa password sendiri.

[Penting] Gunakan password yang berbeda untuk email, twitter dan facebook. 

Sehingga ketika salah satu akun social media Anda dibobol, maka akun yang lain bisa tetap aman. Atau setidaknya tidak mudah dibobol. Namun menurut saya yang paling penting dijaga keamanannya adalah email. Kenapa?  karena melalui email lah kita akan menerima segala pemberitahuan (notification) dan konfirmasi jika terjadi perubahan pada akun social media yang kita punya. Jadi selama akun email tidak ikut dibobol si pembajak, maka akun twiiter atau facebook yang telah dibajak kemungkinan besar masih bisa dipulihkan.

Jangan sembarangan mengijinkan/membolehkan aplikasi atau situs mengakses informasi data di akun twitter atau facebook. 

Sekarang banyak situs yang menggunakan/membolehkan akun social media seseorang seperti twitter dan facebook untuk menjadi members di situs tersebut. Jadi Anda harus selektif melihat situs atau aplikasi mana yang dipercaya untuk mengakses data akun twitter atau facebook Anda. Anda harus berhati-hati salah sedikit bisa saja anda akan terkena malware yang dimanfaatkan cracker untuk mencuri data anda.
Berhati-hati anda kalau menggunakan komputer umum (seperti warung internet) untuk mengakses email, twitter dan facebook.

Jangan mengijinkan komputer atau browser mengingat username dan password.

Biasanya kalau kita baru login/masuk, pasti ada menu Question yang muncul berisi peringatan atau permintaan, apakah kita (user) mengijinkan komputer atau browser mengingat username dan password yang baru kita masukkan atau tidak. Kemudian jangan sampai lupa pencet tombol logout/keluar, sebelum meninggalkan komputer dimana anda login akun tersebut.

Demikian beberapa tips aman dari pembajakan akun facebook dan twitter . Semoga bermanfaat.
Silahkan bagi Para pembaca yang mempunyai cara lain mengenai tips ini, bisa berbagi kepada kami dan para pembaca lain melalui komentar.

Artikel Terkait

Trmksh atas kunjungannya. Suka artikel ini? Like/Share dgn tombol di atas. Etika COPAS: sertakan Link sumber seperti di bawah ini ! dgn begitu berarti anda telah menghargai kerja keras Kami.(JT)

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di JejakTamboen

0 komentar:

Post a Comment

'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Silahkan berkomentar dengan Baik dan Sopan
1. Tidak diperkenankan menautkan Link Aktif di Kolom Komentar.
2. Dilarang beriklan dalam Komentar.
'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''
Komentar berkualitas dari anda sangat penting bagi kemajuan Blog kami.

Beranda
Support :Creating Website | Johny Template | Slapia Souvenir
Copyright © 2016. Jejak Tamboen | Sejarah | Blogging | Informasi | Alternative Site for U - All Rights Reserved | Template Modified by BayuRD
Proudly powered by Blogger
Free counters!